Piala Euro 2024: adu penalti jadi drama penentuan laga Portugal vs Prancis, Les Bleus melaju semifinal usai menang 5-3 - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Piala Euro 2024: adu penalti jadi drama penentuan laga Portugal vs Prancis, Les Bleus melaju semifinal usai menang 5-3


SEPUTAR IQ - Laga Portugal vs Prancis telah ditentukan pada babak perempat final, Sabtu (06/07/2024) dini hari WIB di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman. Sempat bermain imbang 0-0 hingga menit ke-120, timnas Prancis dipastikan melaju ke babak semifinal Euro 2024 usai unggul 5-3 dalam drama adu penalti.

Kedua tim terlibat pertarungan sengit di lapangan, baik Portugal maupun Les Bleus kesulitan menembus pertahanan masing-masing. Mereka sebenarnya punya beberapa peluang, namun tak ada gol yang tercipta.

Sementara Ronaldo dan Mbappe, pemain utama kedua tim, tak mendapat peluang di babak pertama. Minimnya pasokan bola membuat kedua pemain kesulitan memberikan ancaman.

Baca juga: Laga perempat final Euro 2024: Spanyol vs Jerman, La Furia Roja menang 2-1 di perpanjangan waktu

Jalannya pertandingan?

Pada menit-menit awal pertandingan, Portugal mencoba menerobos pertahanan Prancis dan sebaliknya. Namun hingga menit ke-20 pertandingan, belum ada gol yang tercipta. Prancis sebenarnya punya peluang di menit ke-20 lewat aksi Theo Hernandez, ia kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang bola masih bisa diblok kiper Diogo Costa.

Memasuki menit ke-50, tendangan tajam Mbappe dari area penalti mengancam gawang Diogo Costa. Namun tendangannya masih mengarah tepat ke penjaga gawang. Sementara itu, tidak ada ancaman berarti yang terjadi.

Serangan Portugal dan Prancis mudah dipatahkan. Jelang akhir babak pertama, Portugal memiliki peluang emas melalui tendangan bebas, Bruno Fernandes yang bertindak sebagai eksekutor tak mampu mengarahkannya ke gawang. Sampai peluit akhir dibunyikan skor 0-0 menutup jalannya laga.

Selepas jeda turun minum, laga Portugal kontra Prancis masih berakhir imbang. Namun intensitas serangan semakin meningkat, ancaman kerap terjadi di antara kedua tim. Berawal dari percobaan Kylian Mbappe yang diblok Diogo Costa, kini Bruno Fernandes memberikan ancaman di menit ke-61. Namun bek asal Prancis mampu membaca peluang tersebut.

Dua menit kemudian, Rafael Leao mengoper bola dari kiri kotak penalti kepada Vitinha. Kemudian Vitinha menendang bola tepat ke arah gawang, sayangnya diblok oleh Mike Maignan.  Begitu pula kapten Ronaldo yang menerima bola rebound, namun gagal memanfaatkan peluang karena Maignan kembali menunjukkan penyelamatan di gawang.

Memasuki menit ke-74 Prancis kemudian membalas lewat sepakan Ousmane Dembele, sayang sepakannya membentur tiang gawang. Hingga menit ke-90 belum ada gol yang tercipta, dan laga ini berlanjut hingga perpanjangan waktu.

Pada babak tambahan waktu pertama, Ronaldo dan Leao mendapat peluang emas. Sekali lagi, belum ada yang mampu memecah kebuntuan. Sementara di babak kedua, Kylian Mbappe tak bisa melanjutkan pertandingan karena sebelumnya mengalami patah hidung.

Setelah pertandingan berakhir dengan skor 0-0 di perpanjangan waktu, pemenangnya harus ditentukan melalui adu penalti. Di babak ini, tembakan Joao Felix membentur tiang dan melenceng dari sasaran. Alhasil, Prancis pun menang dengan hasil akhir 5-3.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar