Laga perempat final Euro 2024: Spanyol vs Jerman, La Furia Roja menang 2-1 di perpanjangan waktu - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Laga perempat final Euro 2024: Spanyol vs Jerman, La Furia Roja menang 2-1 di perpanjangan waktu

Laga perempat final Euro 2024: Spanyol vs Jerman, La Furia Roja menang 2-1 di perpanjangan waktu

SEPUTAR IQ - Laga perempat final Piala Eropa 2024, Spanyol vs Jerman berlangsung pada Jumat (05/07/2024) malam WIB yang digelar di MH Arena, Stuttgart. Mikel Merino menjadi pahlawan kemenangan La Furia Roja melalui golnya di menit ke-119. Hasilnya, Spanyol mengalahkan Jerman 2-1 di perpanjangan waktu.

Pertandingan kedua tim berlangsung alot. Namun, tidak ada yang mampu memanfaatkan peluang untuk mencetak gol. Memasuki menit ke-51, tim asuhan Luis de la Fuenta berhasil memecah kebuntuan 1-0 lewat aksi Dani Olmo. Sementara Jerman yang tertinggal tampak berusaha mengejar di sisa pertandingan. Upaya mereka menyamakan skor membuahkan hasil, pada menit ke-90 lewat gol yang dicetak Florian Wirtz.

Baca juga: Prediksi perempat final Copa America 2024: laga Argentina vs Ekuador, melengkapi 8 daftar negara yang lolos

Jalannya pertandingan?

Sejak awal pertandingan, Spanyol langsung tancap gas menyerang lini pertahanan Jerman. Dua menit berselang, Pedri mampu mengancam gawang Jerman dengan aksi tembakannya, namun Neuer mampu mengantisipasi bola.

Sayangnya, Pedri harus mengalami cedera setelah dijegal Toni Kroos lima menit pertandingan berjalan. Alhasil, gelandang muda Spanyol Dani Olmo masuk sebagai pemain pengganti.

Timnas Spanyol selalu tampil berbahaya hingga 20 menit pertama laga. Di sisi lain, Jerman justru kesulitan mengancam gawang Spanyol. Pada menit ke-21 Jerman mendapat peluang pertamanya lewat sundulan Kai Havertz, namun bola terlalu lemah dan bisa ditangkap dengan nyaman oleh Simon.

Havertz kembali berada dalam situasi berbahaya di menit ke-35, saat menerima umpan panjang Antonio Rudiger. Lalu ia menyambutnya dengan tendangan rendah, sekali lagi Simon mengamankan bola tanpa masalah.

Memasuki babak pertama, Spanyol mengancam melalui beberapa tembakan jarak jauh pemain mereka, kali ini Neuer mampu membloknya dengan mudah. Hingga peluit babak pertama dibunyikan, skor tetap bertahan 0-0 hingga turun minum.

Usai jeda turun minum, Timnas Jerman menyegarkan pemainnya dengan memasukkan Robert Andrich dan Florian Wirtz yang menggantikan Emre Can dan Leroy Sane. Sementara Spanyol menarik keluar Robin Le Normand dan digantikan Nacho.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Yamal yang mengirimkan umpan kepada Alvaro Morata nyaris membobol gawang Jerman, sayang bola melambung tinggi di atas gawang. Spanyol akhirnya unggul 1-0 dada menit ke-51, setelah pergerakan Lamine Yamal di sisi kanan memicu umpan yang disambut Dani Olmo dengan tendangan rendah.

Jerman yang tertinggal berusaha meningkatkan intensitas serangannya sehingga memaksa La Furia Roja bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Pada menit ke-76 Jerman nyaris menyamakan kedudukan saat Niclas Fullkrug menerima umpan Florian Wirtz di sisi kanan, dan ia melepaskan tembakan ke gawang namun bola hanya membentur tiang.

Sebenarnya Jerman memiliki peluang emas di menit ke-81 ketika Simón bergerak terlalu jauh ke depan. Havertz yang bergegas melepaskan tembakan sayangnya bola melambung di atas gawang. Setelah beberapa kali percobaan, Jerman akhirnya mampu menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-88.

Wirtz yang menerima sundulan Joshua Kimmich kemudian melepaskan tembakan mengarah ke gawang, membuat Simon tak mampu menghentikan bola. Jerman kembali berusaha memperlebar keunggulan mereka, namun skor tetap bertahan 1-1 hingga babak kedua berakhir, sehingga pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, meski intensitasnya sedikit menurun karena kelelahan, kedua tim tetap memainkan permainan terbuka. Satu menit jelang waktu berakhir, Spanyol berhasil meperbesar keunggulan 2-1. Mikel Merino yang tak terkawal mengirimkan sundulan untuk menandai kemenangan tim asuhan Luis de la Fuenta.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar