Grup A Piala AFF U-19 2024: Tampil apik di laga pertama, Timnas Indonesia menang telak 6-0 atas Filipina - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Grup A Piala AFF U-19 2024: Tampil apik di laga pertama, Timnas Indonesia menang telak 6-0 atas Filipina

Grup A Piala AFF U-19 2024: Tampil apik di laga pertama, Timnas Indonesia menang telak 6-0 atas Filipina

SEPUTAR IQ - Memainkan laga pembuka Grup A Piala AFF U-19 2024, timnas U-19 Indonesia bertemu skuad Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Rabu (17/07/2024) malam WIB. Tampil baik di laga pertama Grup A melawan Filipina, Garuda muda mengalahkan timnas Filipina 6-0.

Tim besutan Indra Sjafri menutup 30 menit pertama dengan keunggulan yang dicetak oleh Arlyansyah pada menit ke-12, Iqbal di menit ke-21, dan Kadek Arel menit ke-29.

Tiga menit menjelang babak pertama berakhir, Iqbal kembali menambah keunggulan skuad muda Garuda menjadi 4-0. Sesuai prediksi, timnas U-19 Indonesia sangat dominan di 45 menit pertama pertandingan dan berhasil menguasai permainan dengan angka 79% berbanding 21%.

Baca juga: Final Copa America 2024: Argentina vs Kolombia, La Albiceleste dipastikan juara usai taklukan La Tricolor 1-0

Jalannya pertandingan?

Memasuki pertandingan paruh pertama, timnas U-19 Indonesia berhasil unggul 1-0 melalui gol yang dicetak Arlyansyah Abdulmanan pada menit ke-12. Gol tersebut bermula dari Doni Tri Pamungkas yang berakselerasi di area kiri garis pertahanan timnas Filipina. Sang kapten kemudian melanjutkan umpannya yang berhasil dikonversi Arlyansyah menjadi sebuah gol.

Sebelas menit berselang, Garuda muda kembali berhasil merobek gawang lawannya. Menjadikan skor 2-0, lewat sundulan Muhammad Iqbal Gwijangge yang berawal dari lemparan jauh Mufli. Umpan panjang yang diblok pertahanan Filipina itu kemudian dikembalikan ke Mufli, lalu ia langsung mengirimkan umpan silang ke arah Iqbal.

Pada menit ke-29, Indonesia kembali membuka keunggulan mereka 3-0 melalui sundulan Kadek Arel. Bek Timnas U-19 Indonesia tersebut berhasil mencetak gol setelah menerima assist dari Figo Dennis.

Sedangkan di menit ke-43, Garuda muda memperlebar skor menjadi 4-0 lewat umpan Iqbal yang dilanjutkan Buffon dengan sundulan. Tidak ada lagi gol yang tercipta sampai berakhirnya babak pertama pertandingan.

Selepas jeda trun minum, pada menit ke-51 Indonesia kembali meperbesar selisih gol mereka menjadi 5-0 lewat gol kedua Arlyansyah yang memanfaatkan umpan silang Doni Tri. Sedangkan di menit ke-56, Muhammad Alfharezzi Buffon mendapat peluang emas untuk mengancam gawang Filipina.

Sayangnya tendangannya masih melambung di atas mistar gawang timnas Filipina. Indonesia kembali mengancam timnas Filipina, kali ini melalui tembakan Welber Jardim pada menit ke-64. Sementara umpan Kaka kembali mampu diantisipasi pertahanan Filipina.

Meski unggul jauh atas tim lawan, Garuda muda tak mau menyia-nyiakan kesempatan dengan melakukan penyegaran pemainnya, dan memasukan striker naturalisasi Jens Raven untuk menggantikan Arkhan Kaka.

Sementara itu, timnas Filipina mengancam Indonesia di menit ke-84 lewat tembakan Samaniego Benz Joelle Dela Cruz. Striker Indonesia, Jens Raven pun membalsanya usai menerima umpan matang M.Riski Afrisal yang berbuah gol untuk mengubah keadaan menjadi 6-0.

Akhirnya, timnas U-19 Indonesia berhasil mengalahkan tim tamu Filipina dengan skor 6-0. Kemenangan ini pun membuat Garuda Muda memimpin Grup A dengan selisih tiga poin.

Sedangkan Filipina yang meraih poin nihil dari satu laga berada di peringkat keempat Grup A. Laga berikutnya, Sabtu (20/07/2024) timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Kamboja U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar