Final Piala AFF 2024: timnas Australia vs Thailand U-16 berakhir imbang (1-1), Socceroos menang drama adu penalti 8-7 - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Final Piala AFF 2024: timnas Australia vs Thailand U-16 berakhir imbang (1-1), Socceroos menang drama adu penalti 8-7

Final Piala AFF 2024: timnas Australia vs Thailand U-16 berakhir imbang (1-1), Socceroos menang drama adu penalti 8-7

SEPUTAR IQ - Pada final Piala AFF U-16 2024, timnas Australia vs Thailand berakhir imbang 1-1 di penghujung pertandingan. Socceroos menang melalui adu penalti (8-7). 

Di babak pertama, Poramet Laoongdi membawa Timnas U-16 Thailand memimpin pada menit ke-33. Namun Quinn MacNicol berhasil mencetak gol balasan di babak kedua, alhasil pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Baca juga: Piala AFF U-16 2024: Perebutan peringkat ketiga, Timnas Indonesia U-16 kalahkan Vietnam 5-0

Jalannya pertandingan?

Sejak awal babak pertama tim Australia U-16 mengancam dengan serangannya, namun pertahanan Thailand U-16 cukup kokoh. Pada menit ke-10, Australia sempat mendapat peluang untuk mencetak gol, setelah wasit menunjuk garis putih karena pemain Thailand kedapatan melakukan handball saat memblok serangan Australia.

Quinn Macnicol yang tampil sebagai eksekutor bahkan siap mengambil tendangan. Namun wasit kembali memeriksa VAR. Setelah mengecek langsung di layar, wasit membatalkan penalti karena bola lebih dulu mengenai wajahnya.

Thailand U-16 yang terus menerus mendapat serangan tak tinggal diam, di menit ke-33 akhirnya mampu memecah kebuntuan. Lewat aksi Poramet Laoongdi yang mengubah keadaan menjadi 1-0.

Penyebab gol tersebut, berawal dari kesalahan pemain Australia, Malual Nichola. Setelah menerima bola dari kiper, ia terpeleset dan bola terlepas dari kakinya. Alhasil Poramet Laoongdi langsung memanfaatkan bola liar untuk mencetak gol.

Sedangkan di babak akhir pertandingan, Australia berhasil mencetak gol penyeimbang 1-1. Lewat aksi Quinn yang memanfaatkan umpan dari Tatu, dan ia langsung melepaskan tembakan keras dari luar area penalti. Skor 1-1 bertahan hingga laga berakhir.

Memasuki babak kedua, tim Australia nyaris unggul lewat aksi pemainnya di menit ke-50. Berawal dari tendangan bebas Tatu di luar area penalti, bola langsung mengarah ke gawang. Namun, berhasil ditangkap kiper Thailand U-16.

Australia akhirnya mencetak gol pada menit ke-76. Sayangnya, setelah menyaksikan tayangan ulang di VAR, wasit memutuskan pemain Australia U-16 itu melakukan handball terlebih dahulu, dan akhirnya wasit menganulir gol tersebut.

Di sisa waktu babak kedua, pertandingan kedua tim berlangsung sangat alot, jual beli serangan terus terjadi di laga tersebut. Namun, baik timnas Australia maupun timnas Thailand tidak mampu mencetak gol.

Hingga peluit akhir babak kedua berbunyi, skor 1-1 menutup jalannya pertandingan dan harus dilanjutkan dengan drama adu penalti. Jaiden, kapten Australia U-16, menjadi penentu skuad Socceroos di adu penalti. Berkat eksekusi penaltinya yang tenang, skor berakhir 8-7 dan sekaligus membawa Timnas Australia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2024.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar