Euro 2024: Timnas Prancis berhasil mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 di babak 16 besar - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Euro 2024: Timnas Prancis berhasil mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 di babak 16 besar

Euro 2024: Timnas Prancis berhasil mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 di babak 16 besar

SEPUTAR IQ - Timnas Prancis berhasil mengalahkan Timnas Belgia dengan skor tipis 1-0 pada babak 16 besar Kejuaraan Eropa 2024 yang digelar di Düsseldorf Arena, Senin malam WIB (01/07/2024).

Paruh pertama laga Prancis vs Belgia berjalan cukup membosankan. Memasuki babak kedua, pertandingan berjalan sedikit menarik. Kedua tim mulai menciptakan peluang. Namun, mereka hanya mencetak satu gol yakni gol bunuh diri Jan Vertonghen.

Baca juga: Euro 2024: Portugal menyingkirkan Slovenia di babak 16 besar melalui drama penalti

Jalannya pertandingan?

Memasuki babak pertama, Prancis mengambil inisiatif melancarkan serangan. Tendangan Adrien Rabiot pada menit ke-2 mengarah ke kiri gawang Belgia, sedangkan tendangan jauh Antoine Griezmann di menit kesepuluh berhasil dibelokkan kiper Koen Casteels.

Sementara itu, Prancis menyerang dari kiri untuk mencari ruang di area penalti, namun tembakan Kylian Mbappé yang berusia 25 tahun masih melebar dari gawang. Pada menit ke-18, sundulan Marcus Thuram yang memanfaatkan situasi sepak pojok juga meleset dari sasaran.

Prancis kembali menekan hingga mendapat peluang pada menit ke-20. Sayang, tembakan Rabiot dari luar area penalti tidak menemui sasaran. Sementara Belgia mendapat peluang lewat tembakan Yannick Carrasco di menit ke-27, namun dapat diblok Theo Hernandez.

Tujuh menit berselang, Thuram mendapat peluang bagus, ia memanfaatkan umpan silang Jules Kounde. Sayang sundulannya masih melambung di atas gawang Casteels di sisi kanan. Sementara itu, Aurélien Tchouaméni pada menit ke-39 melepaskan tembakan jauh ke arah yang sama. Skor pun 0-0 menutup jalannya laga babak pertama.

Di babak kedua, Prancis kembali meningkatkan tekanannya. Pada menit ke-49 Tchouaméni melepaskan tembakan, kali ini berhasil dibelokkan oleh Casteels. Memasuki menit ke-54 dan 56, Mbappe mendapat peluang di dalam area penalti tapi kedua tembakannya masih melebar.

Sepuluh menit berselang giliran Griezmann melepaskan tembakan jarak jauh, disusul Tchouaméni empat menit kemudian. Tapi, belum mampu membobol gawang Casteels. Memasuki menit ke-71, Belgia mulai melakukan perlawanan. Lewat aksi Romelu Lukaku setelah mendapat peluang di dalam area penalti Prancis, sayang tendangannya berhasil dibelokkan  Mike Maignan.

Lalu beberapa menit kemudian Mbappé membalas usai menerima umpan silang Kounde, namun tendangannya pada menit ke-78 hanya melambung di atas gawang lawan. Pada menit ke-82, giliran Kevin De Bruyne menerima umpan terobosan dan melepaskan tembakan keras tak terduga ke gawang Prancis dari tepi area penalti, lagi-lagi Maignan mampu mengantisipasinya.

Prancis akhirnya mencetak gol di menit ke-85. Lewat skema serangan N'Golo Kante dan mengirimkan umpan terobosan kepada Randal Kolo Muani di area penalti, ia berbalik dan menembak. Alhasil bola membentur Jan Vertonghen yang gagal dihalau Casteels dan bola pun masuk ke gawang.

Di sisa waktu akhir, Belgia mencoba mencetak gol tetapi gagal. Kemenangan 1-0 Prancis atas Belgia bertahan hingga akhir pertandingan dengan hasil ini Prancis melaju ke babak selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar