EURO 2024: tertinggal sebelum kembali meraih kemenangan, Belanda melaju ke semifinal setelah kalahkan Turki 2-1 - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

EURO 2024: tertinggal sebelum kembali meraih kemenangan, Belanda melaju ke semifinal setelah kalahkan Turki 2-1

EURO 2024: tertinggal sebelum kembali meraih kemenangan, Belanda melaju ke semifinal setelah kalahkan Turki 2-1

SEPUTAR IQ - Belanda sempat tertinggal sebelum kembali mengamankan kemenangan dan melaju ke semifinal Piala Eropa 2024 usai mengalahkan Turki 2-1. Laga perempat final Piala Eropa 2024 antara Belanda vs Turki berlangsung di Olympiastadion, pada Minggu (07/07/2024) pagi WIB.

Sejak awal pertandingan, Belanda tampil menekan melalui pemainnya Xavi Simons yang mencoba mengancam lini pertahanan Turki. Sayangnya sepakan Xavi melenceng dari sasaran. Kemudian giliran Cody Gakpo yang juga beruntung mendapatkan ruang di area penalti, namun tendangannya meleset dari gawang. De Oranje yang mendominasi permainan namun kesulitan menciptakan beberapa peluang berbahaya.

Baca juga: EURO 2024: The Three Lions menang adu penalti 5-3, setelah puas bermain imbang Inggris vs Swiss 1-1

Jalannya pertandingan?

Mengawali pertandingan babak pertama, Belanda melakukan serangan melalui individu Memphis Depay pada menit ke-2 untuk membobol gawang Turki, sayang sepakan Depay masih melenceng dari sasaran. Sementara Turki yang bermain bertahan mengandalkan serangan balik untuk mencari peluang.

Pada menit ke-11, Salih Özcan melepaskan tembakan jarak jauh. Namun, tendangannya belum bisa membuka keunggulan bagi timnas Turki. Ay-Yıldızlılar akhirnya memecah kebuntuan melalui Arda Güler di menit ke-35, umpannya kepada Samet Akaydın membuat Turki unggul sementara 0-1.

Belanda menguasai bola namun hanya punya empat peluang mencetak gol. Sementara Turki mempunyai enam peluang dan berhasil mencetak satu gol di babak pertama. Hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, skor 0-1 untuk keunggulan timnas Turki.

Setelah jeda turun minum, Wout Weghorst masuk di awal babak kedua. Weghorst yang langsung tampil impresif di menit ke-51, sempat memberikan peluang kepada Memphis Depay melalui sundulannya. Namun, belum juga menemukan target untuk mencetak gol penyeimbang.

Beberapa menit kemudian, Arda Güler nyaris memperlebar keunggulan Turki melalui tendangan bebas pemain Real Madrid tersebut. Akhirnya, Belanda menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-70, diawali Memphis Depay dengan melepaskan umpan silang, Stefan de Vrij yang tak terkawal bek Turki. Alhasil menyundul bola dan merobek gawang.

Pasukan Ronald Koeman yang tak mau pulang dengan kekalahan, berhasil unggul 2-1 atas Turki enam menit berselang. Setelah Mert Müldür mencetak gol bunuh diri. Turki yang awalnya memimpin laga dan bermain bertahan, kini terbuka menyerang dengan memasukkan pemain pengganti Cenk Tosun.

Sayangnya Belanda berhasil menghalau semua serangan tersebut. Hingga akhir pertandingan, De Oranje menang 2-1 dan berhak melaju ke babak semifinal Piala Eropa 2024.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar