Euro 2024: Inggris bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 melawan Slovakia - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Euro 2024: Inggris bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 melawan Slovakia

Euro 2024: Inggris bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 melawan Slovakia

SEPUTAR IQ - Kemenangan dramatis diraih Timnas Inggris pada babak 16 besar Piala Eropa 2024. Inggris bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 melawan Slovakia. Timnas Slovakia memimpin pada menit ke-25 melalui gol Ivan Schranz.

Namun, gol akrobatik Jude Bellingham dan gol Harry Kane membuat tim The Three Lions mampu membalikkan skor menjadi 2-1. Berkat kemenangan ini,  Inggris lolos ke babak perempat final Euro 2024, dan akan menghadapi Swiss di babak 8 besar.

Baca juga: Babak 16 besar Piala Eropa 2024, Spanyol berhasil mengalahkan Georgia 4-1

Jalannya pertandingan?

Inggris berinisiatif menyerang di babak pertama, namun Slovakia-lah yang menciptakan peluang. Tendangan Juraj Kucka hanya melebar dan meski bola melebar, namun memberi ruang bagi David Hanko untuk melepaskan tembakan.

Di tengah serangan Inggris, Slovakia justru melancarkan serangan balik berbahaya pada menit ke-12. Mereka merebut bola di lini tengah, dan umpan dari Ondrej Duda ke Luka Haraslin jatuh dari  kiri kotak penalti. Akhirnya Kobi Mainoo memutuskan memblok bola yang menyelamatkan serangan dari Slovakia.

Inggris mencoba menciptakan peluang pada menit ke-23. Berawal dari Jude Bellingham yang menghindari bola di dalam kotak penalti dan umpan silang dari kiri disundul melintasi gawang oleh Harry Kane. Sayangnya, tembakan Mainoo dari luar kotak penalti gagal menemui sasaran.

Dua menit kemudian, Slovakia mencetak gol pertamanya. Lewat Ivan Schranz yang membawa Slovakia unggul 1-0 atas Inggris. Dari skema Juraj Kucka menyundul umpan panjang dari tengah lapangan. David Strelets yang mengoper bola kepada Schranz lalu melepaskan tendangan mendatar ke pojok bawah gawang Inggris.

Jelang jeda babak pertama, Inggris terus memberikan tekanan ke lini pertahanan Slovakia. Tendangan Mainoo dari luar kotak penalti tidak tepat sasaran, dan serangan yang bermula dari bola mati pun terhenti. Keunggulan 1:0 Slovakia bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Inggris bermain dengan baik. Phil Foden berhasil mencetak gol, namun dianulir oleh wasit karena offside. Inggris yang hampir saja kebobolan kembali karena sebuah kesalahan. Strelets yang berada di dekat tengah lingkaran mencuri bola dan melepaskan tembakan jarak jauh ke arah gawang. Pickford melangkah maju dan bola melewati kepalanya, hanya meleset dari sasaran.

Inggris punya peluang lagi dengan sisa waktu akhir pertandingan. Tendangan bebas Foden dari  kiri dapat dimentahkan Kane dengan sundulan di tengah kotak penalti. Tapi lagi-lagi bolanya hanya melebar. Sementara itu, tendangan Declan Rice dari luar area penalti melaju cepat hanya saja membentur tiang gawang Slovakia. Kane yang mencoba memanfaatkan bola rebound namun tendangan volinya masih melebar.

Setelah Martin Dubravka melepaskan umpan silang dari kanan, yang akhirnya berujung sepakan gawang. Inggris bisa mencetak gol dimasa tambahan waktu melalui Jude Bellingham. Skor pun imbang 1-1 dan pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Inggris langsung tancap gas melakukan serangan. Baru beberapa menit pertandingan berjalan, Inggris berhasil mencetak gol. Tendangan bebas Cole Palmer dari kanan diambil oleh Dubravka, dan bola  jatuh di luar kotak penalti, di mana Eberechi Eze menendangnya dan Harry Kane yang berada di dalam, menyundul bola sehingga berbuah gol bagi Inggris. Skor pun berbalik 1-2 untuk Inggris.

Slovakia yang hampir menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di penghujung babak tambahan pertama andai saja tembakan Pekarik tidak berada di atas gawang Inggris. Di babak kedua perpanjangan waktu, Slovakia tampil lebih menyerang. Mereka yang mendominasi penguasaan bola dan menggempur gawang Inggris. Namun berkat kokohnya lini pertahanan lawan, Inggris akhirnya memenangkan pertandingan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar