Drama semifinal Copa America 2024: Uruguay vs Kolombia, Los Cafeteros lolos ke final setelah unggul 0-1 - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Drama semifinal Copa America 2024: Uruguay vs Kolombia, Los Cafeteros lolos ke final setelah unggul 0-1

Drama semifinal Copa America 2024: Uruguay vs Kolombia, Los Cafeteros lolos ke final setelah unggul 0-1

SEPUTAR IQ - Pertemuan semifinal Copa America 2024 Uruguay vs Kolombia, Kamis (07/11/2024) yang digelar di Bank of America Stadium. Los Cafeteros lolos ke final setelah mengalahkan La Celeste. Usai wasit meniup peluit akhir laga, terjadi keributan antar pemain yang melibatkan banyak ofisial timnas Kolombia dan timnas Uruguay.

Pada menit ke-39, Kolombia unggul lewat aksi heroik Jefferson Lerma yang menyundul bola dari skema sepak pojok James Rodriguez. Dengan assist keenamnya, James Rodriguez membawa Kolombia unggul 0-1 atas Uruguay. Sedangkan di menit ke-45+1, Kolombia harus bermain dengan 10 pemain setelah Daniel Munoz mendapat kartu merah di babak tambahan waktu pertama.

Baca juga: Semifinal EURO 2024: Menang 1-2 Inggris vs Belanda, The Three Lions lolos ke final piala EROPA 2024

Jalannya pertandingan?

Sejak menit pertama, Kolombia tampil dominan namun kesulitan menembus pertahanan Uruguay. Peluang pertama Kolombia didapat saat umpan silang Luis Diaz disambut Daniel Munoz dengan sundulan panjang di menit ke-15, sayang bola masih melebar.

Dua menit kemudian, Darwin Nunez yang mengambil bola lepas di kotak penalti menyambarnya dengan tendangan keras. Pada menit ke-28, Nunez kembali mendapat peluang emas, kali ini Nunez berhasil melewati barisan terakhir pertahanan Kolombia dan melepaskan tembakan ke kanan namun bola keluar.

Kolombia memecah kebuntuan 0-1 di menit ke-38 setelah James Rodriguez memberikan assist sepak pojok ke arah tiang jauh, dan disundul Jefferson Lerma. Jelang babak pertama berakhir, Kolombia bisa saja menggandakan keunggulan jika tembakan Richard Rios tidak bisa diselamatkan Rochet.

Petaka menimpa Kolombia saat kehilangan Munoz akibat akumulasi kartu merah pada menit ke-45 1. Munoz yang mendapat kartu kuning kedua, tertangkap wasit menendang perut Manuel Ugarte. Dengan kejadian tersebut, Kolombia bermain dengan 10 pemain hingga akhir babak pertama.

Selepas jeda turun minum, Kolombia yang bermain dengan 10 pemain berusaha bertahan dari serangan Uruguay. Namun Kolombia justru kembali mendapat peluang emas di menit ke-51, saat sepak pojok kapten James disambut Cordoba dengan sundulan, sayangnya bola keluar.

Peluang terbaik La Celeste hadir pada menit ke-71 ketika pemain pengganti Luis Suarez menguasai bola, dan mendapat peluang melepaskan tembakan ke arah gawang namun tak mampu mengubah keadaan.

Uruguay yang masih kesulitan menembus kokohnya pertahanan Los Cafeteros, terlihat frustasi saat mencoba menciptakan peluang emas lewat aksi Nunez dan Suarez. Sementara Kolombia yang bertahan, nyaris mencetak gol keduanya saat Kevin Castano menuntaskan serangan di depan gawang. Sayangnya, tembakan Castano mengarah ke kanan kiper Rochet.

Di sisa waktu laga, Uruguay terus menggempur pertahanan Kolombia dan mendapat peluang melalui sepakan Giorgian De Arrascaeta. Sementara itu, di penghujung pertandingan Lerma yang mengirim bola hampir memperbesar keunggulan mereka tetapi bola melewati mistar gawang. Hingga akhir pertandingan skor tetap bertahan 0-1, dan Kolombia dipastikan melaju ke final bertemu timnas Argentina.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar