Copa America 2024: Timnas Kanada harus puas di peringkat keempat, usai kalah adu penalti dari Uruguay 3-4 - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Copa America 2024: Timnas Kanada harus puas di peringkat keempat, usai kalah adu penalti dari Uruguay 3-4

Copa America 2024: Timnas Kanada harus puas di peringkat keempat, usai kalah adu penalti dari Uruguay 3-4

SEPUTAR IQ - Copa America 2024, Uruguay dan Kanada berlangsung di Bank of America Stadium. Timnas Uruguay berhasil mengalahkan timnas Kanada dalam perebutan tempat ketiga Copa America pada (14/07/2024).

Tim besutan Marcelo Bielsa unggul terlebih dahulu pada menit ke-8, lewat aksi Rodrigo Bentancur yang sukses menuntaskan umpan Sebastian Caceres dalam situasi sepak pojok. Alhasil, lewat tendangannya bola berhasil menembus gawang Kanada 0-1 yang dijaga kiper Dayne St.

Baca juga: Drama semifinal Copa America 2024: Uruguay vs Kolombia, Los Cafeteros lolos ke final setelah unggul 0-1

Jalannya pertandingan?

Pada menit kedelapan babak pertama, Uruguay berhasil membuka kedudukan 0-1 lewat gol Rodrigo Bentancur. Sepuluh menit berselang, pemain La Celeste kembali mengancam lini pertahanan Kanada dengan aksi Maximiliano Araujo.

Memasuki menit ke-21 striker The Canucks, Tani Oluwaseyi hampi saja mengancam gawang Uruguay. Sayangnya, sundulannya melenceng dari garis gawang dan berbuah tendangan sudut.

Tertinggal 0-1 dari Uruguay, Ismael Kone akhirnya mencetak gol indah melalui tendangan akrobatik tanpa melihat ke gawang di menit ke-22. Kone menjaga jarak menghindari jebakan offside lalu melepaskan tembakan salto setelah menerima sundulan rekan setimnya, skor pun imbang 1-1.

Uruguay bisa saja memperlebar keunggulan mereka andai saja gol Facundo Pellistri pada menit ke-24 tidak dianulir karena offside. Uruguay yang mendapat peluang emas kembali mengancam Kanada di menit ke-37, lewat tendangan bebas striker Darwin Nunez tapi bola melebar dari tiang gawang.

Sementara itu, pada menit ke-40 Kanada membalasnya melalui sundulan Jonathan Osorio. Empat menit kemudian Osorio kembali mengancam gawang Uruguay, namun tembakanmya masih bisa diblok kiper Uruguay. Osorio kemudian menyundul bola rebound, namun pemain Uruguay Nahitan Nandez mampu menghentikan aksinya. Hingga babak pertama berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta.

Selepas jeda babak kedua atau menit ke-49, pertandingan kedua tim semakin panas. Dimana bek Jose Gimenez tampak mengalami cedera pelipis akibat bertabrakan dengan pemain bernomor punggung 25 timnas Kanada. Meski demikian, Gimenez masih bisa melanjutkan pertandingan setelah menjalani perawatan.

Sementara tendangan striker Kanada Tani Oluwaseyi pada menit ke-60 nyaris merobek gawang Uruguay. Namun tembakannya masih bisa diantisipasi sang kiper. Sembilan menit berselang terjadi kemelut di lini pertahanan Kanada. Beruntung Luis Suarez sedikit terlambat dari kiper Dayne St.

Sedangkan di menit ke-71, tembakan Alphonso Davies masiih bisa diblok kiper Uruguay.
Momen menarik terjadi pada menit ke-73, ketika pemain Kanada Ismael Kone nyaris mencetak gol. Pasalnya, bola yang ingin dilempar Kone lebih dulu dibersihkan rekan setimnya.

Uruguay menggempur pertahanan lawannya lewat aksi Federico Valverde di menit ke-78. Sayang tembakan gelandang La Celeste itu hanya membentur pemain asal Kanada. Akhirnya, Jonathan David berhasil mencetak gol ke gawang Kanada 1-2 di menit ke-80. Gol tersebut bermula ketika tembakan Kone diblok kiper, kemudian David mengeksekusinya dan mencetak gol.

Pada menit ke-87, para pemain Kanada sangat kecewa karena melewatkan momen terbaiknya untuk menyamakan kedudukan saat bola membentur wasit. Aksi lucu pelatih asal Kanada Jesser March terlihat memegangi kepala, lalu menjatuhkan diri ke tanah karena kesal dengan keputusan wasit yang menghentikan pertandingan saat timnya menyerang pertahanan lawan.

Saat waktu terakhir pertandingan di menit ke-90+3, Luis Suarez mempunyai ruang untuk melepaskan tembakan. Namun tendangannya berhasil diblok oleh kiper Kanada tersebut. Luis Suarez berhasil menyelamatkan Uruguay di momen-momen akhir melalui umpan Gimenez pada menit 90+4 yang mengubah situasi menjadi imbang 2-2.

Hasilnya, tidak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim, laga Kanada vs Uruguay harus ditentukan melalui adu penalti. Saat drama penalti, empat pemain timnas Uruguay tampil apik dalam lima tendangan.

Sementara Ismael Kone dan Alphonso Davies, gagal mencetak gol untuk timnas Kanada. Dengan hasil penalti 3-4, Uruguay berhasil meraih medali perunggu. Sedangkan Kanada harus puas di peringkat keempat Copa America 2024.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar