Copa America 2024: imbang 0-0 Brasil mengaku kalah, setelah Uruguay menang lewat drama penalti 4-2 - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Copa America 2024: imbang 0-0 Brasil mengaku kalah, setelah Uruguay menang lewat drama penalti 4-2

Copa America 2024: imbang 0-0 Brasil mengaku kalah, setelah Uruguay menang lewat drama penalti 4-2

SEPUTAR IQ - Timnas Uruguay dan Brasil bertemu di babak perempat final Copa America 2024, pada Minggu (07/07/2024). Laga Uruguay kontra Brasil berlangsung di Allegiant Stadium yang berakhir imbang.

Pada menit ke-74, Nahitan Nandez mendapat kartu merah karena melakukan tekel keras terhadap Rodrygo. Hal ini membuat timnas Brasil unggul sejumlah pemain, sementara Brasil tanpa Vinicius Junior akibat akumulasi kartu, tak mampu memaksimalkan pertandingan ini.

Skor 0-0 menutup pertandingan dan dilanjutkan lewat drama penalti, sehingga Uruguay menang 4-2. Eder Militao dan Douglas Luiz yang mengambil penalti pertama dan ketiga tidak mampu mencetak gol. Sementara di kubu Uruguay, Jose Maria Gimenez yang menjadi eksekutor keempat juga gagal memasukkan bola ke gawang Brasil.

Baca juga: Copa America 2024: La Tricolor berhasil melaju ke babak semifinal, laga Kolombia vs Panama berakhir 5-0

Jalannya pertandingan?

Mengawali babak pertama, Brasil mencoba memberikan kejutan melalui pemainnya Raphinha di menit ke-14 dengan tembakan kaki kiri dari luar area penalti. Namun bola masih bisa diantisipasi lawan. Empat menit berselang, giliran Uruguay yang menunjukkan aksinya lewat Darwin Nunez. Meski sempat ditepis pemain lawan, Nunez berhasil menyundul bola dari dalam kotak penalti pada menit ke-18.

Sementara itu pada menit ke-35, Raphinha kembali mendapat peluang emas melalui tendangan kaki kanannya, sayang Rochet mampu menepisnya saat satu lawan satu. Tidak ada peluang yang tercipta setelah itu, hasil imbang 0-0 mengakhiri babak pertama.

Selepas jeda turun minum, Uruguay bermain terbuka dan menyerang. Federico Valverde yang melepaskan tembakan kaki kanan dari luar area penalti di menit ke-48, berhasil diselamatkan oleh Alisson Becker. Pada menit ke-53, serangan beruntun tim besutan Marcelo Bielsa dilakukan melalui Darwin Nunez, Sebastian Caceres, dan Maximillia Araujo, tapi hal tersebut tak juga mengubah keadaan.

Padahal, peluang emas didapatkan Darwin Nunez di kotak penalti, namun penyerang Liverpool itu memilih menendang langsung ketimbang mengoper ke rekan setimnya. Sementara Tim Samba yang menguasai permainan dengan baik menciptakan peluang melalui serangan balik, namun masih kesulitan membobol gawang Uruguay.

Uruguay yang bermain solid di lini pertahanan, membuat para pemain Brasil kurang nyaman dengan bermain menekan. Memasuki menit ke-68, Lucas Paqueta mendapat ruang tembak dari luar area penalti, kembali mendapat peluang emas tapi membentur pemain lawan.

Kemalangan Urugay menimpa pada menit ke-71 setelah Nahitan Nandez mendapat kartu kuning usai menjegal Rodrygo dari belakang. Wasit yang meninjau VAR, mengoreksi kartu kuning tersebut dengan memberikan kartu merah kepada Nandez pada menit ke-74.

Hasilnya, Uruguay bermain dengan 10 pemain saat berhadapan tim lawannya. Brasil yang unggul jumlah pemain, sayangnya belum mampu memanfaatkan peluang untuk mencetak gol. Di sisa laga, Brasil dan Uruguay sama-sama punya peluang, namun tak membuahkan hasil. Bermain imbang 0-0 selama 90 menit membuat laga Uruguay dan Brasil harus dilanjutkan ke drama penalti.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar