Laga Ukraina kontra Belgia yang digelar di Stuttgart Arena Jerman, berakhir 0-0 - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Laga Ukraina kontra Belgia yang digelar di Stuttgart Arena Jerman, berakhir 0-0

Laga Ukraina kontra Belgia yang digelar di Stuttgart Arena Jerman, berakhir 0-0

SEPUTAR IQ - Belgia bermain imbang dengan Ukraina pada laga terakhir Grup E untuk melaju ke babak 16 besar Euro 2024. Laga Ukraina kontra Belgia yang digelar di Stuttgart Arena Jerman, Rabu (26/062024), berakhir 0-0. Hasil ini  cukup bagi Belgia untuk menempati posisi kedua  klasemen akhir Grup E dan menghadapi Prancis di babak 16 besar Euro 2024.

Belgia menciptakan peluang pada menit ke-7. Kevin De Bruyne menemukan ruang terbuka dan masuk ke area penalti. Pemain Manchester City itu kemudian mengoper ke Romelu Lukaku yang berada di depan kiper Ukraina Anatoly Trubin. Namun tembakan Lukaku masih melebar dari gawang dan bisa ditepis Trubin.

Baca juga: Laga Grup F Euro 2024, Turki berjuang keras mengalahkan Republik Ceko 2-1

Jalannya pertandingan?

Belgia, yang membutuhkan kemenangan untuk memenangkan grup E,  menyerang sejak awal laga berlangsung. Belgia mendominasi permainan berkat kecepatan Jeremy Doku di sisi kiri dan umpan Kevin De Bruyne.

Sementara itu, Ukraina untuk pertama kalinya mengancam Belgia  di menit ke-20 melalui tendangan ke gawang Roman Yaremchuk. Namun, Cohen Castells bisa menghentikannya. Pada menit ke-33, De Bruyne mendapatkan tendangan bebas berjarak 30 meter. Ia mengirim bola melewati sisi kanan pagar pertahanan Ukraina, hanya saja bola berada disisi gawang Trubin.

Memasuki menit ke-34, Castilles berhasil menepis tembakan Georgy Sudakov, mencegah gawangnya kebobolan. Sedangkan di menit ke-44,  Sudakov kembali mengancam Belgia. Namun, tembakan gelandang Ukraina itu kembali diselamatkan Castilles. Sampai peluit babak pertama dibunyikan wasit skor pun tetap 0-0. 

Pada awal babak kedua, Belgia masih menguasai permainan dan berusaha mencetak gol secepat mungkin. Namun, penyerang Belgia tetap kesulitan menembus pertahanan Ukraina. Setelah satu jam bermain, Belgia menyegarkan lini serang mereka dengan memasukkan Yannick Carrasco dan Orel Mangala.

Alhasil di menit ke-65, Lukaku memiliki peluang untuk mencetak gol melalui tendangan keras kaki kirinya, namun Trubin kembali menepis tembakannya. Upaya Carrasco untuk memberi Belgia keunggulan juga terhenti. Pada menit ke-73, Carrasco lepas kendali dan melepaskan tembakan di depan kotak penalti, namun Trubin membloknya.

Seiring berjalannya waktu, tidak ada tim yang mencetak gol. Ukraina nyaris mencetak gol saat Ruslan Malinovskiy langsung menceploskan bola ke gawang dari situasi sepak pojok. Tapi Casteels dengan cepat melakukan sapuan ke kanan garis gawang, dan bola berhasil dihalau oleh rekannya dan tetap berada di pojok.

Belgia yang memiliki peluang mencetak gol melalui serangan balik pada menit ke-87. Dalam situasi tiga lawan dua antara bek Ukraina, Carrasco menggiring bola di dekat area penalti. Kemuidan, bola dioper ke De Bruyne di sebelah kanan, dan pada akhirnya Johan Bakayoko melepaskan umpan pendek, namun bola masih melambung.

Ukraina mendapat peluang besar di menit ke-90 ketika Sudakov menyerbu area penalti. Begitu dia menemukan ruang untuk menembak, dia mengalirkan bola ke gawang dan sayang arah bolanya langsung ke tangkapan Castilles. Karena tidak ada gol yang tercipta hingga pertandingan berakhir  0-0, Belgia lolos ke babak 16 besar Euro 2024 dengan finis kedua di grup E di belakang Rumania.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar